Jangan Takut Olahraga Saat Haid, Ini Tipsnya!

Siklus menstruasi dimulai pada hari pertama menstruasi. Biasanya ditandai dengan tubuh yang mulai kram dan perdarahan dimulai, beberapa hari pertama bisa menjadi waktu yang paling sulit untuk berolahraga. Berolahraga semakin membuat menstruasi lebih buruk. Darah yang keluar agak menghambat ketika berlatih. Jangankan berolahraga, bekerja saat menstruasi saja sangat memberatkan.

Namun, ternyata tidak ada alasan ilmiah untuk melewatkan olahraga ketika sedang mengalami menstruasi, kata ginekolog Lauren Streicher, profesor klinis kebidanan dan kandungan di Northwestern University dan penulis Sex Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever. Secara fisik, “Anda dapat melakukan hal yang sama dengan yang Anda lakukan setiap hari,” katanya – “kecuali Anda tidak ingin berolahraga.” Ini merupakan alasan yang sangat baik, terutama karena kram dan pembalut di tengah malam dapat mengacaukan tidur dan membuat badan lebih lelah.

Jika kamu merasa baik-baik saja, lanjutkan dengan olahraga yang sudah dijadwalkan. Tetapi jika kamu merasa sangat tidak nyaman, kamu boleh saja melewatkan kelas dansa kardio atau lari jarak jauh. Penelitian menunjukkan paru-paru akan bekerja lebih baik di kemudian hari dalam siklus menstruasi, ketika kamu memiliki lebih banyak stamina untuk daya tahan olahraga.

Namun, tidak ada alasan untuk meninggalkan olahraga sampai menstruasi selesai. (Beristirahat selama seminggu setiap bulan, dan itu akan membuat kamu lebih lama untuk mencapai tujuan kebugaran.) Dorong diri kamu untuk melakukan yoga ringan atau latihan kardio ringan, seperti berjalan atau naik sepeda mudah. Anehnya, berenang adalah pilihan lain yang baik. Hal ini dikarenakan sedikit air masuk ke dalam vagina ketika berenang tanpa tampon, dan hal yang sama berlaku untuk berenang dengan satu, menurut Dr. Streicher. Berbanding terbalik dengan mitos yang beredar di masyarakat akan larangan berenang saat haid.

Jika kamu berolahraga sendiri, sertakan beberapa latihan yang mengharuskan kamu berbaring telungkup, sebagai cara mengatasi kram perut saat haid dan memberikan pijatan lembut di perut bagian bawah. Pijatan-pijatan dirasa mampu mengurangi penyebab nyeri haid hari pertama dan hari-hari selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: daffa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.