Hindari Alasan ini Agar Proses Klaim Asuransi Bisa Lebih Cepat

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kesulitan dalam melakukan pengurusan klaim asuransi acapkali menjadi momok bagi para pemegang asuransi. Hal ini menjadi salah satu dari beberapa alasan penolakan dan keengganan untuk membeli asuransi, baik kesehatan, perjalanan maupun mobil.

Kesulitan yang dihadapi ini tentunya memiliki alasan kuat, yang termasuk kedalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan nasabah yang terikat secara hukum. Ini mengungkapkan bahwa, penolakan klaim tidak dilakukan dengan sembarangan. Lima alasan yang harus diperhatikan agar diterimanya klaim asuransi online:

  1. Polis Sedang Tidak Aktif

Polis asuransi dapat tidak aktif dalam beberapa situasi. Jika sedang dalam kondisi ini, pihak asuransi tidak menyanggupi klaim asuransi terus.

  1. Pengajuan Klaim Melebihi Waktu yang Ditentukan

Melakukan klaim asuransi dapat ditolak jika pengurusan klaim melebihi standart waktu yang ditentukan. Pihak asuransi biasanya memberikan waktu untuk melakukan pengurusan klaim. Jika melewati masa tersebut secara pasti klaim ditolak. Untuk klaim mobil waktu yang diberikan hanya 3 x 24 jam. Sementara itu, untuk asuransi jiwa, batas waktu yang diberikan 30 sampai dengan 60 hari.

  1. Dokumen Tidak Lengkap

Sebelum melakukan klaim, pastikan terlebih dahulu Anda melengkapi semua dokumen yang diminta. Jika salah satu dokumen tidak lengkap, maka pihak asuransi akan menolak permintaan klaim tersebut. Anda diwajibkan mengikuti segala prosedur dengan benar. Misalnya, klaim yang Anda ajukan adalah klaim asuransi mobil, Anda harus menyediakan foto kerusakan mobil tersebut sebagai bukti.

  1. Pemegang Polis Melanggar Hukum

Melanggar hukum dapat menjadi salah satu alasan yang membuat klaim asuransi ditolak. Sebagai contoh, Anda memiliki asuransi all risk, kemudian mengalami kecelakaan yang disebabkan karena ugal-ugalan dijalan dan melanggar lalu lintas. Apabila Anda mengajukan klaim, secara otomatis klaim akan ditolak.

  1. Sedang Berada Di Masa Tunggu

Biasanya, jenis asuransi tertentu memiliki kebijakan masa tunggu. Nasabah tidak akan bisa mengajukan klaim jika sedang berada dalam masa tunggu. Untuk kasus penyakit yang sudah kritis, memiliki masa tunggu antara 30 sampai dengan 365 hari (1 tahun).

Alasan ditolaknya klaim asuransi yang Anda ajukan sangat banyak. Salah satu cara untuk mengetahui agar diterimanya klaim asuransi dengan proses cepat dengan cara mempelajari, mencermati dan juga memahami segala isi polis. Di samping itu, untuk membeli asuransi, Anda dapat mengunjungi tanamduit.com sebagai referensi. Juga ada banyak pilihan surat berharga Negara yang bisa Anda pelajari di id.tanamduit.com/sbn.

You May Also Like

About the Author: daffa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.