Google Membuat Aplikasi Manajemen Listrik

Google saat ini sedang membuat sebuah aplikasi yang berguna untuk memanajemen penggunaan listrik. Aplikasi Smart Thermostat ini bernama EnergySense yang mana memungkinkan pengguna untuk menjaga penggunaan energi mereka.

google thermostat

EnergySense ini membuat pengguna lebih bijak dalam  menggunakan listrik. Dalam mengembangkan hardware google tidak sendiri tapi berkerjasama dengan vendor lain yaitu Motorola dan Ecobee, sedangkan untuk google sendiri bertindak sebagai penyuplai software saja.

Berdasarkan informasi dari Pocket Lint, sebenarnya program manajemen listrik ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 tapi kemudian dihentikan tanpa ada alasan apapun. Dan kini Google menghidupkan kembali dengan menguji cobanya di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Apa yang dilakukan google ini sepertinya meniru kesuksesan dari Nest yang thermostatnya diterima dengan sangat baik oleh masyarakat di Amerika Serikat. Tapi cara kerja dari Google berbeda dengan thermostat Nest. Kalau Nest

memiliki roda kontrol yang bisa diputar dari panas ke dingin, akses ke setting perangkat, energy history dan schedulling. Sedangkan Aplikasi dari Google cara berkerjanya memonitor penggunaan perkakas rumah tangga secara lebih luas.

Perkakas tersebut adalah lampu, pemutar audio streaming, Smart TV, alat rumah tangga yang dihubungkan dengan internet serta hardware lain yang sejenis. Langkah yang diambil google ini karena sampai saat ini belum ada satu vendor pun yang mengontrol semua perangkat tersebut.

Belu

m ada informasi mengenai ketersediaan dari EnergySense ini, Jika program ini berlanjut tentu saja akan sangat membantu pengguna untuk lebihmenghemat listrik.

via kompas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *