BionicOpter, Robot Capung Yang Dikendalikan Smartphone

Robot BionicOpter merupakan robot yang berbentuk seperti capung dengan empat sayap disamping kerangka serat karbon ditutupi oleh membran poliester serta bisa berputar hingga 90 derajat dari posisi horizontal.

Robot capung

Robot Capung BionicOpter ini diproduksi oleh perusahaan listrik Festo dari Jerman. Masing-masing sayap yang dimiliki robot ini memiliki lebar 24.8 inci atau 63 cm. sedangkan untuk panjang tubuhnya mencapai 12.3 inci(44 cm) dan beratnya cukup ringan yaitu hanya  175 gram.

Komponen dari robot capung ini adalah microcontrollerARM yang bisa mengkalkulasi semua parameter dan berkaitan satu dengan lainnya agar bisa melakukan penyesuaian mekanik dari sensor.

Robot yang bisa melayang ini bisa melakukan manuver ke segala arah, serta meluncur menggunakan sayapnya. Robot BionicOpter ini mampu mengepakkan sayap antara 15 sampai 20 Hz. Selain itu yang paling memukau adalah robot ini bisa dikendalikan melalui pemancar spektrum miliki Smartphone atau digital dengan memakai nirkabel hingga 2.4 GHz.

Bahkan uniknya lagi menurut pihak Festo bahwa BionicOpter ini tidak perlu miring kedepan untuk bisa bertransisi dan juga terbang melayang seperti heliopter.

Robot BionicOpter ini sangat menarik dan tentu saja nantinya akan sangat bermanfaat sekali bagi umat manusia.

You May Also Like

About the Author: daffa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.